Mudah begini cara bedakan daging gelonggongan dan berformalin

Sebentar lagi menjelang lebaran pasti semua orang ramai membeli daging ayam karena menu opor ayam di indonesia khususnya sangat terkenal rasanya tidak apdol jika tidak makan opor ayam dan ketupat dihari lebaran.

Tentu dengan banyak peminat membeli daging ayam menjelang hari lebaran banyak pedagang yang curang dalam menjual daging ayam, sementara untuk mendapatkan opor ayam yang enak dan lezat diperlukan daging ayam yang berkualitas baik.

Nah, susahnya tidak semua pedagang dipasar menjual daging ayam yang berkualitas baik bahkan beberapa diantaranya berani menjual daging ayam glonggongan dan berfomalin demi untuk mengejar sebuah keuntungan besar.

Agar kamu tidak salah memilih daging ayam saat menjelang lebaran berikut ini ada ciri daging ayam berformalin  diantaranya :

Yang pertama daging ayam gelonggongan,  daging ayanm gelonggongan ialah daging ayam yang telah disuntik dengan air terlebih dahulu agar terlihat lebih banyak dan timbangan lebih berat jadi penjual bisa mendapatkan untuk yang lebih besar.

Untuk mengetahui daging ayam gelonggongan bisa kamu lihat daging ayam yang lebih basah dari biasanya, jika dilihat dari teksturnya lebih lembek dan adany aair di bawah lapisan kulit, ciri yang lebih meyakinkan jika di angkat daging tersebut meneteskan air, satu lagi ciri daging ayam gelonggongan yaitu jika diiris secara melintang maka daging akan mengeluarkan air.

Jadi pada intinya daging ayam gelonggongan berisi air yang disuntikan untuk mengetahuinya tidak terlalu sulit, kamu tinggal lihat ciri pada ayam dan cocokan dengan ciri diatas jika terdapat salah satu ciri berarti daging ayam tersebut memang disuntik dengan air.

Ciri daging ayam berformalin, sebenarnya untuk mengetahui daging ayam berformalin tidak terlalu sulit tinggal kamu cubit saja jika tidak kembali seperti semula berarti daging ayam tersebut berformalin.

Daging ayam berformalin ini adalah daging yang telah ditambahkan bahan pengawet dengan menngunakan bahan kimia formaldehyde. cara memasukan zat ini yaitu dengan disuntikan atau bisa juga mencelupkan daging ayam pada larutan formalin.

Agar lebih jelas ciri ayam berformalin kamu bisa melihatnya dari kulit ayam yang lebih putih dari biasanya dan jika diraba maka kulit daging ayam terasa lebih kesat, dan ciri yang lebih jelas ketika di cium bau daging ayam nya terasa bau bahan kimia, Atau jika kamu ingin melihat sepintas kamu bisa melihat lalat yang hinggap di daging ayam jika banyak lalat sudah berarti ayam tersebut ayam yang memiliki kualitas baik jika tidak ada maka sebaliknya.

Nah, sekarang kamu jangan salah lagi membedakan daging ayam berformalin dan glonggongan untuk menu lebaran nati .

Terimaksih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatakan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".

Sumber : disnak.lebakkab.go.id ( 28/05/2017 )

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url