Gatal tiba - tiba ? Hati hati bisa saja gejala kanker bahkan HIV/AIDS

Jika kita sedang santai tiba - tiba kulit terasa gatal pasti sangat menjengkelakan bukan, apalagi gatal yang dirasa berlangsung lama dan menjalar kebagian tubuh lainnya yang tadinya tidak merasa gatal sama sekali.

Saat gatal berlangsung lama pasti kamu akan mengaruknya dengan keras dan semakin parah menggaruknya sampai menumbulkan iritasi, umumnya dengan meneliti kulit lebih detail  kita seharusnya tahu akar permasalahan dari rasa gatal ini, entah disebabkan oleh bentil gigitan nyamuk atau ruam merah bekas alergi.

Meski bisa dilihat tetapi sebenarnya memerikas kulit hanya dengan menggunakan mata telanjang tidak selalu dapat membantu penyebab kulit gatal yang kamu rasakan, karena rasa gatal ini bisa juga terjadi tanpa adanya benjolan, lepuh, ruam bintil atau kelainan kulit lainnya.

Jadi apa penyebab sebenarnya kulit terasa gatal tiba - tiba, rasa gatal ini merupakan respon tubuh normal untuk melindungi kita dari zat luar yang berbahaya atau dari parasit dan gigitan serangga. rasa gatal yang tiba - tiba ini lebih sering terjadi pada orangtua, ada kondisi medis dan kulit yang menyebabkan gatal secara tiba - tiba diantaranya :
Penyakit dalam
Jika kulit tiba tiba terasa gatal berarti ada suatu penyakit yang mendasarinya,  dan kemungkinan penyakit yang bisa ditimbulkan oleh rasa gatal tiba tiba ialah diabetes, penyakit hati, gagal ginjal, anemia defisiensi besi, masalah tiroid sampai virus HIV/AIDS dan banyak lagi.

Bukan hanya itu saja gatal juga bisa di sebabkan oleh gangguan kecemasan, depresi dan gangguan obsesif-kompulsif, dalam kasus seperti ini mungkin saja rasa gatal tidak akan nampak perubahan pada kulit.
Hamil 
Yang sudah mengalami hamil pasti sudah tahu semua kalau selama hamil sebagian dari wanota mengalai kulit gatal tanpa gejala yang jelas, terutama pada bagian perut dan paha, hal ini bisa saja disebabkan oleh kulit yang meregang atau perubahan hormon yang bisa sebabkan rasa gatal secara tiba - tiba.
Kulit kering
Sebenarnya kulit kering bukan suatu masalah yang serius, tetapi hal ini bisa membuat kamu tidak nyaman, cirinya kulit gatal akibat kekeringan terlihat timbul sisik, serpihan atau kulit yang mengelupas pada kulit gatal ringan sedanga.

Kulit kering ini bisa terjadi karena pengaruh usia atau juga bisa oleh faktor lingkungan seperti berada di tempat dingin terlalu lama, mandi air hangat  terlalu lama, bahan pakaian gatal, iritasi akibat produk tertentu sampai salah pakai pelembab.
Reaksi obat
Harus kamu ketahui reaksi obat anti biotik , anti jamur, atau penghilang rasa nyeri juga bisa sebabkan gatal yang datang secara tiba tiba lalu menjalar ke seluruh bagian tubuh, cirinya rasa gatal akibat reaksi obat biasanya timbul ruam bersama rasa gatal.

Untuk mengatasi rasa gatal sebaiknya kamu jangan menggaruknya lebih baik di tekan tekan saja kulit yang terasa gatal untuk meringankan gatal yang terasa lama kamu bisa kompres area kulit yang gatal dengan handuk yang telah di basahi oleh larutan saline atau bisa juga mengguakan luluran bubur oatmeal dingin.

Terimaksih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatakan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".

Sumber : medicalnewstoday.com ( 10/1/2018 )
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url