Kekurangan hormon testosteron ? ini 5 cara sederhana mengatasinya


Hormon testosteron merupakan hormon yang sangat penting bagi seorang lelaki dan mungkin kebanyakan lelaki menganggap hormon ini berfungsi sebagai peningkat gairah seksual saja, memang hal ini tidak salah tetapi hormon ini juga memiliki fungsi lain.

Hormon ini juga berfungsi sebagai proses meabolisme sampai pembentukan otot dan banyak fungsi laind ari hormon ini, karena fungsinya yang fatal sebaiknya kadar hormon ini bisa kamu jga dengan baik.

Seperti dilansir dari halodoc.com  ( 18/12/2019 ) , Seiring bertambahnya usia kadar hormon ini dalam tubuh bisa menurun, nah, berikut ini ada beberapa cara mengatasi kekurangan kadar hormon testostern pada pria diantaranya :
Vitamin dan suplemen
Studi yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D mampu memperbaiki kekurangan dan berkontribusi pada peningkatan kadar testosteron. Kamu bisa memeroleh vitamin ini hanya dengan terpapar sinar matahari setidaknya 15 menit sehari atau konsumsi makanan yang tinggi vitamin D, seperti salmon dan susu.
Mencapai Berat Badan Ideal
Apa hubungannya mencapai berat badan ideal dengan meningkatnya hormon testosteron? Begini, studi dari jurnal Clinical Endocrinology mengungkapkan, pria yang memiliki berat badan berlebih memiliki testosteron 50 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang memiliki berat badan ideal. Jadi, pastikan kamu terhindar dari obesitas, ya.
Latihan Fisik secara Konsisten
Dilansir dalam laman Healthline, olahraga adalah cara efektif untuk meningkatkan testosteron. Aktivitas yang berfokus pada adrenalin memberikan tekanan di bagian otot tubuh dan membantu kinerja organ jantung, sehingga menstimulasi tubuh agar memproduksi hormon testosteron lebih banyak.
Kelola Stres
Stres yang dipicu oleh naiknya hormon kortisol, dapat menurunkan kualitas testosteron dalam tubuh. Oleh sebab itu, cobalah untuk mulai mengelola stres, dengan cara menyediakan waktu untuk melakukan hal-hal menyenangkan yang membangkitkan suasana hati
Terapkan Pola Makan Sehat
Menerapkan pola makan yang sehat juga penting untuk menjaga kadar testosteron tetap normal dan kesehatan secara keseluruhan. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang yang terdiri dari lemak, karbohidrat, dan protein.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatkan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".

Sumber referensi : halodoc.com/6-cara-mengatasi-kekurangan-hormon-testosteron-pada-pria
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url