Jarang dimakan ternyata putih telur memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan dan kecantikan yang belum banyak diketahui


Banyak orang yang memiliki pendapat berbeda tentang kandungan kolesterol di bagian kuning telur, tetapi perbedaan pendapat tidak diperlukan lagi ketika kamu memiih mengkonsumsi manfaat putih telur.

Perlu kamu ketahui telur merupakan sumber protein yang sangat baik. bahkan dalam satu butir telur ini menyediakan 6 gram lebih protein atau 13 persen dari nilai haian yang direkomendasikan. putih telur ini memiliki setengah protein yang dimiliki telur.

Seperti dilansir dari cnnindonesia.com ( 2/10/2020 ), Putih telur merupakan makanan yang rendah kalori, dengan sebanyak 17 kalori per telur, bagian ini juga tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, dan puti telur menjadi makanan populer bagi meeka yang mengidap diabetes dan penyakit jantung, dan berikut ini manfaat putih telur bagi kesehatan seperti dilansir dari Live Science :
Riboflavin
Kanter mencatat putih telur sebagai sumber riboflavin yang baik atau yang juga dikenal sebagai vitamin B2. Sebanyak 62 persen riboflavin terkandung pada bagian putih telur.

Riboflavin dapat membantu proses metabolisme tubuh dan memproduksi sel darah merah. Selain itu, riboflavin juga berfungsi sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas berbahaya.

Sebuah artikel yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan, kekurangan riboflavin dapat meningkatkan risiko anemia, penyakit kardiovaskular, dan kanker.
Kalium
Satu putih telur mengandung 54 mg potasium, mineral penting, dan elektrolit yang bisa menjaga kesehatan jantung, tulang, serta fungsi sel dan organ secara keseluruhan. Sejumlah penelitian telah mengaitkan kalium dengan tekanan darah rendah karena dianggap dapat melebarkan pembuluh darah.

Sebuah penelitian terhadap 1.200 orang dewasa dalam jurnal Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 4.069 mg potasium setiap hari menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.
Perawatan rambut dan kulit
Kandungan protein membuat putih telur menjadi perawatan populer untuk rambut dan kulit. Namun, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.
Menjaga tekanan darah
Konsumsi protein dapat membantu menjaga tekanan darah, salah satunya dari putih telur. Sebuah penelitian pada hewan yang dipresentasikan dalam American Chemical Society menemukan, peptida (komponen protein dalam putih telur) dapat menurunkan tekanan darah. "Kandungan ini memblokir enzim pengubah angiotensin. Enzim ini diproduksi oleh tubuh dan dapat meningkatkan tekanan darah."
Protein
Protein berkualitas tinggi dapat membantu membangun otot. Putih telur adalah sumber protein yang sangat baik, dengan 3,6 gram protein per putih telur. Angka ini mencakup 5 persen kebutuhan protein harian Anda.

"Meski kita selalu berpikir bahwa protein dapat memelihara otot, namun penelitian terbaru menunjukkan manfaat protein lain," ujar Kanter. Salah satunya adalah sarapan kaya protein--termasuk yang mengandung telur--akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan, sarapan kaya protein membuat remaja dengan kelebihan berat badan mengurangi intensitas ngemil di malam hari.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatkan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url