Bahaya dari Mengucek Mata


Kebanyakan orang apabila mata sedang gatal pasti tidak sabar ingin menguceknya sampai rasa gatal itu hilang yang akan menakibatkan mata memerah dan terasa perih. kegiatan mengucek mata secara berlebihan dapat melemahkan otot yang ada di dalam mata.

seperti di lansir dari sciencemag.org ( 29/06/2017 ) ujar Profesor Chaarles McMonnies, dari UNSW School of Optometry and Vision Science dalam jurnal yang telah di terbitkan dengan judul Optometry and Vision Science " mengucek mata, yoga kepala di bawha, tidur pada bantal dengan wajah menempel pada bantal atau sedang berenang kegiatan ini dapat menyebabkan penekanan mata meningkat".

saat menyentuh mata, kelopak mata akan mengalami tekanan yang meningkat. di banding cahaya lampu yang menyilaukan mata jika menucek mata dengan keras hal ini sama saja meberikan tekanan tiga sampai lima kali lipat lebih besar dari tekanan normal.

jika kamu sedang mengucek mata maka akan terjadi efek kombinasi menutup mata dan kekuatan mengucek mata yang akan meningkat lebih tinggi dan hal ini akan meningkatkan tekanan sampai sepuluh kali lipat di banding tekanan biasa.

seperti yang di katakan oleh Profesor Charles McMonnies " tekanan mata yang normal akan memberikan sedikit konsekuensi. berbeda dengan tekanan mata yang kuat yang di lakukan secara berulang akan mengakibatkan kerusakan mata seperti bagian glaukoma hal ini akan mengakibatkan lebih cepat terkena rabun jauh, conical kornea dan efek yang lebih parah bisa mengakibatkan kebutaan.

sebaiknya kamu harus menghindari mengucek mata dengan sarung bantal atau masker hal ini berfungsi untuk mengurangi tekanan sensitif pada mata. mengucek mata dapat melemahkan otot palpebra berfungsi untuk mengangkat kelopak mata, akibat nya jika mengucek mata. mata kamu akan terlihat kecil dan terlihat seperti mengantuk.

tekanan mata normal seperti berkedip dan menarik nafas tekanan ini tidak akan menimbulkan efek apa-apa karena sangat kecil dan dalam waktu yang singkat. untuk menjaga mata sebaiknya kamu menghindari aktifitas berikut ini.

jangan tidur dengan wajah yang tertunduk pada bantal, bisa jadi dalam bantal ada kutu atau debu yang bisa membuat mata menjadi iritasi. jangan menucek mata karena hanya akan memperburuk keadaan membuat mata kering dan iritasi. jangan terlalu lama menunduk hal ini akan meberi tekanan pada mata  kalau kamu suka membaca sebaiknya dalam posisi duduk saja.

jika mata terasa gatal sebaiknya menggunakan obat tetes mata saja hindari kegiatan mengucek mata karena hal ini akan memperburuk keadaan saja .
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url