Wi-Fi Kamu Sering Dibajak? Lakukan Hal ini Untuk Mencegahnya


Bagi penggemar internet, Wi-Fi bisa jadi kebutuhan sehari-hari di rumah, ada juga yang menggunakan modem. Salah satu kegunaan Wi-Fi ini adalah bisa menghemat kuota internet, dan juga bisa berbagi dengan teman terdekat. Tapi, sekarang sering ada orang-orang iseng yang membajak Wi-Fi.

Selain bisa menggunakan akses internet dengan gratis, mereka juga bisa melihat hasil browsing dan data Anda. Untuk mencegah hal itu terjadi terapkan tips-tips berikut.

Yang Pertama Selalu Ganti Password Wi-Fi

Cara ini bisa dibilang mudah di lakukan, karena hanya mengganti kata sandi saja tiap hari. Caranya mudah Anda klik pengaturan router, dan tinggal ikuti langkah-langkah yang sudah ada.

Saat mengganti kata sandi, usahakan jangan yang susah diingat, pake yang simple saja tapi susah untuk ditebak. Misalnya pake gabungan huruf besar, kapital, dan angka. Memang agak ribet, tapi ini lebih baik dripada Wi-Fi Anda di bajak orang lain.

Yang Kedua Cek Selalu Pengguna Wi-Fi

Setelah Melakukan mengganti kata sandi Wi-Fi, yang selanjutnya harus Anda lakukan adalah cek laman pengaturan, kalau di dalam daftar pengguna Wi-Fi Anda ada nama yang gak dikenal, Anda perlu berhati-hati. Bisa saja pengguna itu mau membajak Wi-Fi Anda.

Yang Ketiga Gunakan Aplikasi Untuk Memantau

Selanjutnya Anda gunakan aplikasi, Misalnya saja Fing yang tersedia untuk Android dan iOS. Untuk pengguna Windows bisa menggunakan aplikasi Acrylic Wi-Fi, sedangkan untuk pengguna macOS, gunakan Who Is On My Wi-Fi. Semua aplikasi di atas tersedia secara gratis dan sangat membantu kamu memantau jaringan Wi-Fi.

Yang Keempat Update Router

Untuk keamanan yang lebih bagus lagi, Anda harus meng-update sistem operasi router. Pastikan router kamu menjalankan sistem operasi terbaru. setiap kali update, router akan selalu menghadirkan peningkatan keamanan. Caranya bisa Anda temukan di buku panduan tiap router.

Yang Kelima Instal VPN

Meskipun Virtual Private Network (VPN) tidak membantu sepenuhnya, VPN ini bisa menambah lapisan keamanan Wi-Fi. Walaupun orang asing bisa menjebol jaringan Wi-Fi, mereka mebutuhkan waktu yang lebih lama untuk melihat hasil browsing dan data Anda.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url