Hati-Hati ! Jika Bayi Suka Mengeluarkan Air Liur Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Untuk seorang ibu baru pasti merasa bingung saat si kecil selalu mengeluarkan air liurnya, walau sebenarnya keadaan ini normal-normal saja tidak perlu di khawatirkan tetapi tetap saja para ibu baru ini sering bingung dan waspada yang berlebihan.

Bayi yang suka mengeluarkan air liur apalagi bayi baru berusia 3 bulan merupakan gejala yang sangat normal, karena kelenjar liur pada bayi saat usia ini mulai teraktivasi, kegiatan bayi sebenarnya baik keitika sedang belajar untuk menguyah dan memsukan tangan ke dalam mulut untuk merangsang produksi air liur.

Perlu para ibu baru tahu kalu bayi pada usia ini belum bisa menelan air liurnya sendiri sehingga bayi suka mengeluarkan air liur, Walau begitu tetap kewaspadaan harus di terapkan, Nah berikut ini ada 4 kondisi bayi suka mengeluarkan air minum yang harus ibu tahu diantaranya :
Radang
Bayi mengeluarkan air liur bisa disebabkan karena dia sedang mengalami radang tenggorokan, karena bayi malas menelan air liur diakibatkan ternggirikan yang terasa nyeri, untuk mengatasinya jika bayi sudah menginjak enam tahun kamu bisa memberikan airu putih bisa juga dengan sari buah agar tenggorokannya tidak kering. Bisa juga kamu memberikan ASI agar tenggorokan bayi bisa lebih nyaman.
Tumbuh gigi
Jika bayi susah tetidur pulas dan sering kali rewel juga usah makan gejala ini bisa juga karena bayi sedang mengalami pertumbuhan pada gigi sehingga mudah sekali mengeluarkan air liur yang berlebihan. Basanya hal ini terjadi karena prtumbuhan gigi yang di barengi rasa nyeri.

Untuk mengurangi rasa nyeri kamu  bisa memberikan mainan khusus gigi tetpi ingat mainan tersebut harus steril dan bersih, untuk membersihkan dari kuman dan bakteri kamu bisa mencelupkan ke air panas atau bisa juga di simpan dalam kulkas selama satu jam penuh.
Gangguan mental
Gangguan mental yang disebabkan ileh keluarnya air liur berlebih pada bayi telah di beritahukan di Pediatric and Child Health, menurut penelitian yang di publikasikan disana sepuluh persen dari anak yang mengeluarkan air liur berlebih karena gangguan mental. Hal ini terjadi karena keterlambatan perkembangan mengunyah, proses pengunyahan dan menelan tidak efektif sehingga menyebabkan air liur keluar banyak.
Gangguan saraf
Cerebral plasy merupakan gangguan sarap pada otak yang bisa menyebabkan bayi selalu mengeluarkan air liur berlebih. karena gangguan saraf ini bisa merusak fungsi saraf dan otot untuk mengunyah. jadi jika bayi terus mengeluarkan air liur tanpa sebab yang jelas sebaiknya perikasa ke dokter agar bisa lebih di ketahui penyebabnya apa.

Walau terkadang mengeluarkan air liur itu normal pada bayi sebaiknya ibu lebih waspada apa lagi jika bayi mengeluarkan air liur disertai dengan susah bernafas sebaiknya di bawa kedokter agar bisa ditangani dengan benar

Terimaksih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatakan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url