Bahaya bayi di bedong bahkan bisa sebabkan kematian, cek selengkapnya

Pasti kamu sudah tau bedong atau lampin pada bayai, biasanya masyarakat kita melakukan hal ini karena sudah terjadi sejak turun temurun dari orang tua kita dulu, bedong ini dilakukan agar bayi bisa merasa hangat dan nyaman sehingga bisa tidur nyenyak.

Tetapi melakukan bedong juga bukan tanpa resiko menurut medis melakukan bedong pada bayi yang baru kahir bis mengakibatkan bayi merasa kepanasan, displasia pinggul, infeksi pernapasan, bahkan hal terburuk bisa terjadi sindrom kematian mendadak pada bayi

Agar hal buruk tidak terjadi pada bayi kamu sebaiknya ibu juga mengetahui cara merawat bayi yang benar dan kondisi seperti apa yang di bolehkan bayi untuk di bedong karena jika tidak tepat justru busa membahayakan kesehatan pada bayi.

Memang dengan melakukan bedong pada bayi bisa menenangkan bayi saat suit tidur atau sedang kedinginan, berkat dengan bedong bayi bisa tidur dengan nyaman dan enak seperti dalam rahim dan membedong juga bisa membuat bayi tidur tanpa gangguan.

Untuk membungkus bayi dengan tehnik bedong sebaiknya kamu harus perlu ekstra hati hati jangan sampai bedong pada bayi di buat lebih  ketat dan menggunakan kain lampin yang jutru bisa membuat bayi gerah dan bedong juga bisa mendatnagkan bahaya lain sepeti di bawah ini.
Infeksi pernapasan
Jika membedong bayi terlalu ketat bisa memciu resiko bayi terkena infeksi dalam pernapasannya, agar hal ini tidak terjadi sebaiknya kamu pastikan bayi di malam hari tidak kepanasan akibat bedong yang kamu lakukan dan baiknya gunakan kain katun tipis agar bayi tidak kepanasan saat dibedong.
Dispalasi panggul
Dalam memlakukan bedong juga jangan terlalu erat karena bisa memicu perkembangan kurang baik pada pergerakan di kemudian hari, jika kamu tetap ingin membedong bayi sebaiknya berikan ruang agar kainya bisa bergerak bebas dan juga pinggulnya.

Jika kamu membedong bayi terlalu ketat dan kakinya diluruskan, ada resiko bayi mengalami masalah pada panggulnya, seperti displasia panggul, dispalasi merupakan letak tulang panggul yang tidak sejajar satu sama lain.

Dan bila hal ini terjadi maka sudah bisa dipastikan sendi panggul dapat sulit untuk berfungsi dengan baik, hal ini karena dalam rahim  kaki bayi berada dalam posisi bengkok dan menyilang satu sama lain sehingga jika bunda memkasakan untuk lurus secara ketat maka sendi dapat mengalami dislokasi dan pada akhirnya akan mampu merusak tulang rawan
Kemaitan mendadak pada bayi
Sindrom kematian menadak pada bayi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bayi yang berusia di bawah satu tahun dan terlihat sehat, tiba tiba meninggal tanpa adanya sebab, sindrom ini bisa terjadi saat bayi dalam keadaan di bedong dalam posisi telungkup atau menyamping. Dalam penelitian yang dismpulkan bahwa jika di bedong  terlalu longgar sehingga kain bisa bergeser dan menutupi mulut sampai hidung bayi.

Perhatikan bayi saat dibedong jika memang bayi tidak suka di bedong maka biasanya akan memberi petunjuk dengan tanda kepanasan sehingga kamu harus sering memeriksa suhu tubuh bayi karena fungsi di bedong berfungsi untuk memberi kenyamanan pada bayi bukan kepanasan.

Bayi yang tidak suka di bedong maka dia akan memberontak untuk bisa lepas dari bedong terus menerus, hati hati jika bayi kamu sudah bisa berguling atau telungkup jika di bedong bisa kesulitan untuk bernapas.

Sebaiknya jika memang tidak perlu atau dalam keadaan terdesak bayi tidak usah dibedong saja mending kamu pakaikan jeket atau baju tangan panjang dengan kaos kaki dan tangan agar bayi tidak kedinginan

Terimaksih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatakan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url