beberapa mitos kesalahan merawat bayi yang bunda harus tahu

Bagi orang tua baru terkadang suka melakukan kesalahan dalam merawat bayinya, terkadang saran merawat bayi dari keluarga dan teman dekat belum tentu benar mulai saran yang masuk akal sampai saran yang terdengar konyol.

Daripada kamu salah dalam merawat bayi sebaiknya kamu simak ulasan tentang mitos dan kebiasaan salah dalam merawat bayi diantaranya.
Memakai gurita
Sebagian orang tua percaya kalau memakai gurita pada bayi untuk mecegah perut bayi tidak kembung dan pusar menjadi bodong, tetapi perlu kamu ketahui memakai gurita yang dililit pada perut ini bisa berbahaya, karena bayi yang baru lahir perlu membiasakan diri untuk bernafas dengan paru paru juga perut dan otot bayi yang masih lemah harus biasa dan leluasa membantu paru paru dalam memompa udara.

Dan sebenarnya tidak ada kaitanya pusar bodong dengan pemakaian gurita, justur hal ini malah akan memeprlambat pengeringan pusar terlepas dari perut akarena terbalut dengan gurita. Gurita juga sama dengan bedong jika dilakukan dengan kencang bisa berbahaya bagi bayi.
Minum soda
Banyak yang percaya untuk memperlancar asi dengan meminum soda, tentu saja anggapan ini tidak benar dan salah kaprah, sebenarnya tidak ada kaitanya minum soda bisa memperlancar asi justru minum soda bisa berbahaya bagi kesehata bayi karena soda mengandung kafein dan gula yang sangat tinggi
Memberi kopi
Bahkan mitos ini banyak yang percaya kalau memberi kopi pada bayi bisa membuat jantungnya menjadi kuat dan mencegah bayi dari demam dan step. Sebenarnya alasan ini tidak bisa di benarkan karena justru di beri kopi bayi bisa berbahaya.

Karena kopi mengandung kafein yang dapat mempengaruhi saraf pusat juga dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. dan efek yang bisa kita lihat ialah bayi mudah gugup, gelisah, marah dan tiurnya tidak nyenyak.
Menaburi bedak pada kemaluan
Supaya terlihat kering bersih dan tidak bau kebanyakan orangtua akan memberi bedak pada kemaluan bayi, padahal hal ini tidak benar karena bisa membahayakan kesehatan bayi dalam jangka panjang selain menyebabkan iritasi kulit.

Bahkan menaburkan bedak pada bayi bisa memicu kanker ovarium di masa datang. Bedak bayi yang mengandung partikel bebas dapat mengendap. dan partikel ini sangat berbahaya jika dihirup bayi dalam jangka panjang.
Mandi air dingin agar kuat
Mitos yang terkahir juga banyak sekali dipercaya oleh para orangtua padahal kebiasaan ini justru bayi rentan pada suhu dingin, jika kamu melakukan ini sebaiknya jangan lakukan kembali karena tubuh bayi akan mudah sakit dan lemas karena suhu dingin akan meningkatkan metabolisme menjadi meningkat.

Kamu juga bisa memandikan bayi baik di pagi hari, sore dan malam hari justru baik bagi tidur bayi agar lebih pula dan rileks gunakan air hangat kuku agar bayi merasa nyaman

Terimaksih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatakan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url