penyebab kanker kulit yang sering disepelekan

Kanker kulit merupakan sebuah kondisi diamana kelainan sel DNA yang tidak normal pada kulit,  dan kelainan sel ini mapu menyerang sel sehat dalam tubuh dengan sangat ganas. Nah kelainan ini yang mampu menyebabkan sel tumbuh dengan tidak terkontrol dan membentuk sel kanker.

Sebagian penyebab kanker kulit ini diakibatkan oleh radiasi sinar matahari, kanker kulit ini bisa sangat beresiko ketika kulit terkena zat beracun atau sistem kekebalan tubuh yang lemah. Pada umumnya ada tiga jenis kanker kulit.

Kanker yang pertama ialah karsinoma sel basal yang merupakan jenis kanker yang paling sering menyerang kulit, yang kedua karsinoma sel skuamosa dan yang terakhir adalah melanoma, agar kamu mengetahui lebih lanjut datri kanker ini sebaikna kamu negetahui penyebab kanker kulit ini diantaranya.
Radiasi
Radiasi sangat berperan banyak terhadap penyebab kanker kulit. Karena penggunaan sinar X yang lumayan lama akan menyebabkan keadan seperti sindrom nevus sel basal diaman kondisi ini sangat rentan sekali terkena kanker kulit,  biasanya kondisi ini dialami oleh orang yang sedang  menjalankan pengobatan kemotrapi atau bekerja di pabrik yang memiliki radiasi yang besar.
Infeksi
Infeksi ini biasanya disebabkan oleh bahan kimia, kulit yang sebelumnya sudah terluka akibat luka bakar, borok, atau luka yang lainya yang masih baru lalu terkena bahan kimia atau sinar ultra violet hal ini bisa menjadi salah satu penyebab kanaker kulit. dan bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker kulit ialah zat arsenik dan petrolium.
Merokok
Pasti kamu sudah tahu kalau merokok memang sangat merugikan, selain berbagai macam penyakit serius yang bisa menimpa akibat rokok ternyata kanker kulit juga menjadi ancaman pecandu rokok, hal ini telah di teliti oleh para pakar Archives of  Dermatology  kesimpulannya " perokok memiliki kekebalan tubuh yang lemah, dan mereka sangat rentan terhadap sel kanker terutama sel kanker kulit.
Sinar matahari
Terpapar sinar matahari terlalu lama bisa menyebabkan kanker kulit karena kandungan sinar matahari seperti UVA dan UVB mampu merusak DNA dalam sel kulit, sinar matahari mampu mempengaruhi gen yang mengontrol pertumbuhan sel kulit. jika kamu terlalu lama terkena sinar matahari langsung kamu akan meningkatkan resiko terkena kanker kulit. perlu kamu tahu paparan sinar matahari yang berbahaya bagi kulit itu sekitar jam sepuluh pagi sampai jam lima sore.

Terimaksih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatakan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url