Benarkah hal ini yang menyebabkan anak terlahir sumbing

Sebenarnya penyebab bayi lahir dengan bibir sumbing diakibatkan oleh dua faktor utama yaitu paktor genetik dan faktor lingkungan, keuda faktgor ini yang menjadi dalang ibu mempunyai bayi cacat pada bibir yang sering kita sebut dengan bibir sumbing.

Tetapi jangan khawatir bagi ibu hamil yang tidak ingin memiliki anak dengan bibir sumbing, berikut ini ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencegah bibir sumbing semenjak anak masih dalam kandungn ibu, diantaranya:
Merokok
Hindari kebiasaan buruk merokok saat ibu dalam keadan mengandung, karena merokok dapat meningkatkan bayi lahir dengan bibir sumbing karena paparan zat kimia yang mengganggu proses pembentukan jaringan pada janin.

Agar anak tidak lahir dengan cacat pada bibir ibu hamil sebaiknya  menghindari rokok yang mengandung zat berbahaya bagi bayi, walau bibir sumbing bisa dioperasi tetapi pencegahan lebih baik, ibu bisa mencegah atau tidaknya tergantung dari ibu hamil itu sendiri.
Pola kehamilan
Lakukan pola hidup sehat sepanjang kehamilan, mengkonsumsi makanan sehari hari yang mengandung nutrisi untuk janin dan ibu hamil sangat penting, dengan memilih makanan yang sehat sebenarnya ibu hamil sudah satu langkah menghindari anak lahir dengan bibi sumbing,  tentu ibu hamil juga harus menghindari makanan  yang kurang sehat dengan mengandung bahan pengawet dan makanan mentah.
Jangan konsumsi obat obatan
Sebaiknya selama hamil, ibu hamil harus menghindari mengkonsumsi obat obatan bebas yang tidak dianjurkan oleh dokter, jika ibu hamil muntah dan mual yang luar biasa jangan di beri obat karena itu biasa saat ibu hamil masuk dalam trimester pertamanya.

Untuk mengatasi muntah dan mual ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B dan hindari mengkonsumsi obat obatan sebisa mungkin jika memang terpakasa harus meminum obat sebaiknya konsultasi dulu kedokter.
Konsumsi alkohol
Saat hamil sangat berbahaya jika ibu hamil mengkonsumsi alkohol karena dengan kandungan yang ada di dalam alkohol bisa menyebabkan bibir sumbing pada bayi karena jainin menerima nutrisi dan bahan kimia langsung dari ibu hamil tanpa pelantara.

Terimaksih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatakan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url