Waspada !! Inilah 4 penyakit mematikan yang sering merenggut nyawa ada di dindonesia

Yang namanya infeksi ini bisa terjadi karena adanya organisme asing yang masuk dalam tubuh dan organisme tersebut memanfaatkan tubuh untuk berkembang biak dan membentuk suatu koloni, contoh organisme asing seperti bakteri, virus, jamur dan prion semua organsisme ini bisa berkembamng dengan cepat di dalam tubuh.

Ada infeksi yang ringan dan tidak mudah di kenali dan ada juga infeksi yang cukup serius dan bisa menyebabkan kematian serta ada beberapa macam infeksi yang sangat susuah untuk bisa di sembuhkan secara totoal.

Infeksi bisa menular kepada orang lain dengan berbagai cara, dan penularan yang paling banyak terjadi karena kontak fisik dengan penderita, bercmpur cairan tubuh, terjadi kontak dengan kotoran penderita , udara dan melalui benda.

Memang tubuh kita sudah memiliki pertahanan sistem imun sendiri untuk melawan benda asing yang masuk tetapi jika penyebab infeksi baik itu virus atau bakteri yang jumlahnya banyak maka sistem imun dalam tubuh bisa kalah dan akhirnya menimbulkan infeksi.

Seperti dilansir dari grid.id ( 12/6/2019 ),  Ada beberapa infeksi menular yang mematikan tersebar di indonesia dan infeksi ini memiliki penderita yang jumlahnya lumayan banyak diantaranya :
Pneumonia
Pneumonia adalah infeksi menular mematikan yang dapat disebabkan baik oleh bakteri, virus, maupun jamur. Penyakit ini bisa menjadi sangat serius dan mematikan jika tidak segera diatasi. Penyakit menular mematikan ini disebabkan tubuh menghasilkan sel darah putih untuk melawan infeksi, sehingga paru-paru meradang dan bakteri serta virus justru mengisi kantung udara di dalam paru-paru dengan cairan.

Meski dapat menyerang semua orang dari berbagai usia, penyakit ini umumnya lebih berisiko untuk balita, lansia, dan orang yang memiliki sistem imun yang kurang baik. Infeksi ini menular melalui batuk, bersin, atau kontak fisik dengan objek yang disentuh oleh penderita pneumonia.
Hepatitis B
Hepatitis B adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B. Pada kasus tertentu, penyakit ini bisa menjadi penyakit serius yang tidak mudah disembuhkan. Bahkan, penyakit menular mematikan ini bisa bertahan hingga 6 bulan atau lebih lama.

Jika Anda terjangkit Hepatitis B pada tingkat yang sudah parah, risiko Anda terserang penyakit hati seperti kanker dan sirosis pun akan meningkat. Pada orang dewasa, penyakit ini akan lebih mudah disembuhkan, sementara penyembuhan penyakit ini akan terasa lebih sulit jika dilakukan pada bayi dan balita.
Tuberculosis (TBC)
Tuberculosis adalah penyakit menular mematikan yang disebabkan oleh bakteri Myocabacterium tuberculosis. Bakteri ini menyebar melalui udara, sehingga saat Anda menghirup udara yang sama dengan penderita TBC, kemungkinan Anda terjangkit bakteri ini akan lebih besar. Infeksi yang disebabkan bakteri ini  bisa disembuhkan meski prosesnya tidak mudah.
HIV/AIDS
HIV adalah virus yang menyerang sistem imun manusia. Jika dibiarkan begitu saja, HIV dapat berujung pada AIDS. AIDS adalah penyakit menular seksual yang mematikan.

HIV dapat menular melalui hubungan seksual, kontak dengan darah penderita, dari ibu ke anak di dalam kandungannya, atau melalui proses menyusui. Tanpa pengobatan, HIV dapat merusak serta melemahkan sistem imun hingga Anda terjangkit AIDS.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatkan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".

Sumber referensi : nationalgeographic.grid.id/read/131753261/empat-penyakit-menular-nan-mematikan-yang-sering-terjadi-di-indonesia?
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url