6 Bahaya memakai behel gigi yang jarang diketahui

Menggunakan behel pada gigi sekarang sudah menjadi tren anak muda kita, jika dilihat dari fungsinya dulu behel digunakan untuk menangani gangguan atau masalah pad agigi, yang digunakan untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak harmonis.

Tetapi dijaman sekarang penggunaan behel bukan lagi bertujuan untuk kesehatan, tetapi lebih kepada tren dan gaya, karena menjadi tren sehingga permintaan penggunaan behel menjadi sangat meningkat dan menimbulkan bermunculannya praktik pemasangan behel  bahkan dimanfaatkan pula oleh orang yang kurang kompeten dan tidak memiliki izin resmi.

Seperti dilansir dari halaman linisehat.com ( 29/8/2017 ), Padahal penggunaan behel bisa menimbulkan efek samping untuk para penggunannya dan berikut ini beberapa efek samping penggunaan behel yang harus kamu ketahui dinataranya :
Resiko penularan penyakit
Seperti yang udah dibahas, sangatlah berbahaya ketika memasang behel di tempat pemasangan behel yang tidak berizin resmi. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit menular akibat penggunaan alat-alat yang ngga steril atau proses yang ngga sesuai prosedur. Selain itu, kawat logam yang dipasang nggan benar dapat menyebabkan luka pada bibir dan bagian dalam pipi. Saat pemakai behel melakukan aktivitas dengan mulut seperti berciuman atau penggunaan alat makan yang sama, maka resiko penularan penyakit seperti Hepatitis dan HIV semakin besar.
Menimbulkan gangguan pencernaan
Gangguan pencernaan kok bisa ada hubungan dengan behel?  Ya, gangguan pencernaan akan timbul saat pemasangan behel dengan kualitas buruk/palsu dilakukan. Behel dengan kualitas buruk/palsu dikhawatirkan memiliki material berbahaya. Apabila material tersebut bereaksi dengan air liur dan masuk ke sistem pencernaan maka akan timbul gangguan pencernaan.
Menyebabkan Gigi Goyah
Bagi Teman Sehat yang pernah memakai behel pasti tahu tentang hal ini! Saat gigi dipasang behel maka saat itu tulang yang memegang gigi akan berubah mengikuti kawat yang mencekat gigi di atasnya. Hal tersebut dapat menyebabkan gigi bisa menjadi goyah. Kebayang kan apa yang bakal terjadi kalo masang kawat gigi di orang yang bukan ahlinya?
Menimbulkan penyakit dan bau mulut
Berawal dari sisa makanan yang menumpuk dan susah dibersihkan lalu akan muncul permasalahan baru yaitu munculnya kuman dan bakteri akibat gigi yang kotor. Kuman dan bakteri akan banyak hidup di dalam mulut yang menimbulkan bau mulut dan penyakit di dalam mulut. Teman Sehat pasti ngga mau kan?
Membuat gigi cepat kotor
Ketika behel dipasang maka akan muncul masalah yaitu sulitnya membersihkan gigi. Makanan menempel dan tersangkut di sela-sela kawat dan briket dengan mudah. Memakai behel pun bisa menyebabkan tumpukan karang gigi yang tentunya akan sangat mengganggu penampilan. Teman Sehat pasti jadi ngga pede!
Menimbulkan alergi
Behel adalah alat perawatan ortodontis yang terdiri dari kawat yang mengandung berbagai logam seperti tembaga, nikel, dan kromium. Pada saat pemasangan behel pada gigi, terdapat beberapa pasien yang mengalami respon terhadap logam tersebut karena memiliki alergi logam. Reaksi alergi yang biasa timbul adalah rasa sakit dan telinga tersumbat.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatkan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".

Sumber referensi : linisehat.com/6-efek-samping-penggunaan-behel-yang-harus-kamu-tahu

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url