Beberapa gejala kanker serviks yang harus kamu ketahui

Kanker serviks merupakan malapetaka bagi seorang wanita, di Indonesia sendiri kanker ini merupakan kanker yang tumbuh subur banyak orang yang menderita kanker serviks bahkan Indonesia sendiri menempati posisi ke dua, kasus kanker serviks terbanyak.

Perlu kamu ketahui kenapa kanker serviks di Indonesia khususnya sangat banyak hal ini terjadi salah satunya akibat kurangnya pemantauan sejak dini karena penderita mengetahui bahwa dirinya menderita kanker serviks setlah kondisi yang lumayan parah.

Agar terhindar dari kanker serviks ini sebaiknya wanita yang berusia 21 sampai 30 tahun harus melakukan tee pap smear, karena faktor terbesar wanita terjangkit penyakit ini karena tidak melakukan tes pap smear  dalam lima tahun terakhir.

Bukan hanya melakukan tes pap smear, kamu juga harus waspada jika gejala kanker serviks di bawah ini kamu alami .
Nyeri pinggul
Bagi seorang wanita nyeri pada pinggul bisa saja menjadi salah satu faktor telah terjadinya perubahan pada serviks, Perlu kamu ketahui kanker serviks stadium lanjut bisa menyebar ke kandung kemih, usus atau bahkan bisa menyebar ke paru - paru juga hati.

Dan nyeri piunggul dan kaki merupakan gejala yang bisa kita rasakan sejak dini  jika kamu mengalami hal ini sebaiknya lakukan penceggahan awal dengan memeriksakan diri kedokter agar semuanya bisa lebih jelas
Mual
Mual memang sering terjadi pada wanita apalagi saat mau hamil atau akan datang bulan tetapi kamu harus waspada jika mual yang kamu rasakan terus menerus hal ini bisa saja menjadi gejala awal kanker serviks.

Karena kanker serviks bisa menyebabkan membengkaknya rongga perut dan mampu menekan saluran pencernaan. Karena mual bisa saja pertanda lain atau kanker serviks untuk lebih memastikan tetap kamu harus pergi ke dokter untuk di periksa jika  hal ini terjadi sama kamu.
Menstruasi
Menstruasi merupaka gejala yang normal bagi seorang perempuan mereka akan mengalami hal ini setidaknya satu bulan sekali, memang normal tetapi jika masa menstruasi mendadak lebih panjang dari biasanya misalanya masanya berubah menjadi dua minggu, hal ini lah yang harus kamu waspadai atau sebulan kamu bisa mengalami hal ini sebanyak dua kali. Untuk lebih jelas kamu harus periksa ke dokter.
Berat badan
Faktor selanjutnya merupakan gejala kanker serviks ialah penurunan berat badan yang tak diinginkan, hal ini terjadi akibat perut yang tertekan sehingga tidak bisa menahan banyak makanan, ditamabh lagi dengan rasa mual yang membuat kamu tidak selera untuk makan, jika sudah begini kamu akan kehilangan berat badan sekitar sepuluh persen selama enam bulan tanpa melakukan diet. Agar bisa di tangani sejak dini sebaiknya kamu cepat perikaskan diri kedokter.
Pendarahan
Salah satu faktor yang banyak terjadi akibat kanker serviks ialah pendarahan di bagian vagina, ahl ini bisa saja terjadi saat sedang menstruasi, setelah berhubungan intim atau kamu yang masuk pada masa menopause, jika pendaran terjadi tidak normal hal ini merupakan gejala kanker serviks stadium lanjut karena tumor sudah menyebar ke karingan seputar vagina. jangan malu untuk memeriksakan vagina kamu ke  dokter jika pendarahan menstruasi kamu tidak normal.
Cairan tidak normal
Yang dimaksud carin tidak normal disini ialah cairan vagina, umumnya cairan ini berwarna bening atau keputihan dan tidak berbau, jika cairan pada vagian berbau busuk dan berwarna merah jambu, cokelat atau berdarah sudah tidak di ragukan lagi gejala ini merupakan gejala kanker serviks, sebaiknya kamu mengambil langkah cepat untuk memeriksakan diri ke dokter

Terimaksih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatakan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url