Beberapa mitos tentang bayi yang tak sepenuhnya benar

Saat bayi lahir alangkah senangnya orang tua menyambut anggota keluarga baru, tetapi tak jarang juga dialami oleh ibu baru ras khawatir yang berlebihan karena bayi baru lahir terlihat lebih rentan dengan penyakit.

Tubuh bayi yang masih rentan dan mungil memiliki kekebalan tubuh yang belum sempurna, jika kamu melakukan kesalahan dalam merawatnya tentu orang tua tidak akan ikut campur apalagi rumah kamu sudah berpisah.

Agar tidak salah ada beberapa mitos yang berkembang dimasyarakat tentang bayi baru lahir, jika ini membuat kamu ragu maka kamu wajib lihat penjelasannya di bawah ini.

Mengunakan gurita bayi supaya perut bayi tidak besar, mungkin hal ini kamu juga pernah mendengarnya atau malah sekarang kamu masih melakukannya, jika memang di lihat dari perkembangan perut bayi akan lebih besar dan terlihat tinggi dibandingkan bagian dada.

Tetapi memakai gurita ini salah karena sesuai dengan perkembangan organ tubuh bayi setelah alhir maka dalam waktu beberapa lama ukuran perut akan  kembali mengecil dan rata dengan dada.

Perlu bunda ketahui bayi jika dipaksakan memakai gurita tentu dia akan mengalami tekanan pada perut dan masalah sesak nafas tidak bisa dihindari lagi, karen bayi yang baru lahir sangat mengandalakan perut untuk bernafas.

Untuk menjaga pertumbuhan bayi terkadang para ibu baru melakukan bedong pada bayi agar kakinya tidak tumbuh bengkok, Pasti kamu juga sering melakukan ini pada bayi kamu bukan ? padahal bayi terlihat tidak nyaman dan kamu masih memaksakannya.

Perlu bunda ketahui membedong bayi tidak ada hubungannya dengan kaki bengkok, kaki bengkok akan dialami bayi ketika bayi tidak mendapatkan vaksin polio sesuai dengan umurnya. Jadi bedong tidak ada hubungannya sama sekali, jika bayi tidak nyaman di bedong jangan dipaksakan.

Biasanya hal ini di peringati oleh orang tua kita, jangan menjemur pakaian bayi di malam hari, karena bayi baru lahir sering menghabiskan pakaiannya karen akencing atau buang air besar juga bisa karena keringat.

Tentu baju bayi harus brsih agar terhindar dari penyakit, tapi bagaimana jika menjemur pakaian bayi dimalam hari ?

Saat mencoba menjemur pakaian bayi di malam hari sebenarnya rentan terkena serangga, sepora dari bunga yang akan menempel pada baju bayi, dan biasanya saat malam hari angin berhebus sangat kencang sehingga kuman juga mudah masuk dan bisa mengakibatkan penyakit baru pada bayi.

Sebaiknya baju bayi di jemur di siang hari terkena sinar matahari, karena panas matahari bisa mematikan kuman dari pakaian bayi agar lebih steril sebaiknya kamu menyertika baju bayi.

Jika memang pakaian banyak kamu bisa mencucui di malam hari dan di taruh di dalam rumah untuk diangin anginkan dan ke esokan harinya tinggal kamu jemur di bawah sinar matahari.

Agar pusar tidak bodong terkadang orang tua menempelkan logan di pusar bayi, kebiasaan ini sepertinya masih dilakukan oleh beberapa orang, memang pusar yang bodong bisa berpengaruh pada psikologis anak dan tidak percaya diri saat dewasa nanti.

Tetapi bund harus tahu menggunakan uang logam untuk menutupi pusar bayi adalah sebauh kesalahan besar, Karena pusar bayi yang belum sempurna harus tetap seteril bisa saja kuman dari uang logam ini membuat infeksi pada pusar bayi.

Bunda jangan khawatir karena pusar bayi dengan seiring waktu otot perut bayi akan sempurna sehingga membentuk pusar yang norma, ketika bayi sedang menangis pasti usarnya akan terlihat keluar tetapi bunda jangan khawatir hal ini biasa. tetapi ingat jangan menempelkan logam di usar bayi yang baru lahir bisa berbahaya

Terimaksih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatakan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url