Ternyata beberapa minuman ini bisa melancarkan manstruasi

Menstruasi merupakan kebiasaan yang sangat sehat bagi alat reproduksi hal ini biasa terjadi satu bulan sekali hal in merupakan siklus alami bagi seorang wanita, mesik begitu tidak semua wanita mengalami menstruasi dalam siklus yang sama.

Terkadang siklus ini datang bisa lebih cepat atau juga bisa terlambat dan perbedaan waktu nya biasanya terjadi antara 21 hari sampai 35 hari.

Hormon estrogen dalam tubuh wanita akan meningkat pada setiap siklua menstruasi bersiap menghadapi kemungkinan terjadinya kehamilan. masa ovulasi atau pelepasan sel telur dari  ovarium akan terjadi dan dinding rahim akan menebal.

Apabila sel telur tidak dibuahi maka akan terserp kembali dalam tubuh dan diding rahim ang sudah menebal akan luruh, kemudian mengalir keluar dari tubuh yang bercampur dengan darah dan proses keluarnya darah dari vagina ini yang disebut dengan haid atau datang bulan.

Terkadang datang bulan ini terasa sangat nyeri dan tidak lancar, Nah untu itu ada beberapa rekomendasi  minuman yang bisa kamu coba di bawah ini  diantaranya :

Air kunyit sejak dulu dipercaya sebagai antiseptik dan antibakteri alami. Kunyit diyakini sebagai obat alami dalam meredakan sakit ketika haid karena mengandung zat antiperadangan. Untuk membuatnya, ambil 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok ketumbar, 1/2 sendok biji pala, dan 1/2 genggam daun srigading. Rebus bahan-bahan tersebut ke dalam 1 liter air hingga mendidih, saring, lalu minum.

Jika malas untuk membuatnya, kamu bisa membeli ramuan Kunyit Asam Sido Muncul di supermarket. Minumlah tiga hari sebelum dan setelah datang bulan.

Produk olahan susu ini dapat memperlancar menstruasi dan meredakan nyeri ketika menstruasi. Yoghurt kaya akan kalsium dan protein serta mempunyai cita rasa asam manis. Jika ingin mengonsumsinya, kini tersedia berbagai macam produk Yoghurt, seperti Elle & Vire Dessert Light 0,1% Blueberry 125G seharga 12 ribu rupiah.

Bisa juga dibuat sendiri di rumah. Sediakan susu murni segar yang langsung diperoleh dari peternak sapi perah, setelah itu panaskan hingga suhu 73 derajat celsius selama 15 menit. Kemudian masukkan bibit yoghurt yang sudah jadi (5% dari jumlah susu) dan lakukan inkubasi (hangatkan susu yang sudah dikultur pada suhu 45 derajat celsius selama 8 jam).

Selain air kunyit dan yoghurt, kamu juga bisa mengonsumsi minyak ikan. Minyak ikan kaya omega-3 yang berperan dalam melindungi pembuluh darah di ovarium dari kerusakan yang dapat mengganggu siklus haid. Oleh karena itu, minyak ikan dapat memperlancar siklus menstruasi.

Pilihan lainnya adalah asam Jawa, baik berupa minuman atau permen. Asam Jawa dipercaya dapat melancarkan darah haid yang menggumpal sehingga menjadi lancar dan tidak menyebabkan rasa nyeri saat haid. Kamu bisa menemukan asam Jawa ini di supermarket terdekat atau membuatnya sendiri di rumah.

Caranya, rendam buah asam yang telah dikupas ke dalam air hangat. Lalu campurkan dengan 1 sendok gula dan sedikit garam selama 1 jam. Minum ramuan tersebut dua kali sehari, dimulai dari seminggu sebelum haid.

Terimaksih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatakan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url