6 manfaat rahasia kulit apel bagi kesehatan tubuh


Buah apel merupakan buah yang banyak disukai karena rasanya yang manis dan paling enak jika dijus dicampur sedikit es batu dan gula, banyak orang yang mengupas apel terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, tetapi sayang karena kulit apel juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan.

Apel ini memiliki kandungan vitamin dan mneral yang cukup baik seperti vitamin C, Kalium, Serat karbohidrat dan lainnya, mengenai kalori satu buah apel berukuran sedang memiliki kalori 95 saja jadi bagus untuk kamu yang sednag diet.

Sperti dilansir dari liputan6.com ( 14/5/2019 ), Apel memiliki kandungan polifenol tinggi sehingga ada efek antioksidan, Antioksidan tersebut ditemukan di kulit dan daging buah apel seperti dilansir dari blodsky.com, inilah manfaat kulit apel yang layak dimakan diantaranya :
Mengatasi masalah pernafasan
Kandungan quercetin biasanya ditemukan pada kulit apel dibandingkan dagingnya. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi lima apel perminggu memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik. Ini juga menurunkan resiko asma.

Sebuah studi tahun 2004 menunjukkan bahwa quercetin dapat melawan kerusakan otak yang sering dikaitkan dengan penyakit alzheimer maupun masalah degeneratif lainnya.
 Sumber mineral
Sebuah studi dari Universitas Illinois mengandung mineral penting seperti potassium, kalsium, asam folat, zat besi dan fosforus. Mineral ini memiliki banyak fungsi. Mulai dari menguatkan tulang hingga meregulasi pertumbuhan sel dan memproduksi sel darah merah.
Sumber vitamin
Sebuah kulit apel mengandung 8,4 mg vitamin C dan 98 IU vitamin A. Saat Anda mengupas kulit apel maka kandungan tersebut akan menurun. Selain itu, hampir setengah kandungan vitamin C pada buah apel berada di kulitnya.
Membantu menurunkan berat badan
Kulit apel memiliki kandungan ursolic acid yakni kandungan esensial yang dapat melawan obesitas. Ursolic acid meningkatkan lemak otot dengan merubah kalori terbakar sehingga menurunan resiko obesitas.
 Sumber serat
Satu buah apel ukuran medium memiliki total 4.4 gram serat. Kandungan serat ini dapat mencegah sembelit. Selain itu, kandungan serat dalam kulit apel juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama, mencegah gula darah naik dan memperlambat penyerapan nutrisi. Kandungan tersebut juga nantinya dapat menurunkan kolestrol.


Terimakasih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatkan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".

Sumber referensi : liputan6.com/health/read/3964152/6-manfaat-makan-apel-beserta-kulitnya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url