Mens kamu jadi lama mungkin ini penyebabnya


Menstruasi sudah menjadi kebiasaan kaum wanita yang datang satu bulan sekali, tetapi terkadang menstruasi lebih lama dari biasanya walau banyak yang mengira hal ini disebabkan oleh sesuatu yang berbahaya, tetapi mungkin saja disebabkan oleh sesuatu yang kamu lakukan.

Kalu memang tiap bulan kamu mengalami menstruasi lama kemungkinan besar terjadi karena adanya gangguan kesehatan yang kamu alami, lamanya menstruasi sebenarnya bervariasi antara kamu dan yang lainnya.

Waktu menstruasi normal terjadi antara dua hari sampai satu minggu dan jika kamu mengalami lebih dari satu minggu bisa dikatakan menstruasi kamu termasuk dalam menstruasi lama.

Seperti dilansir dari halaman alodokter.com ( 12/12/2019 ), berikut ini ada beberapa penyebab kamu mengalami menstruasi lama diantaranya :
Perdarahan rahim yang tidak normal
Menstruasi lama merupakan salah satu gejala dari perdarahan rahim yang tidak normal atau abnormal uterine bleeding (AUB). Biasanya, penderita AUB akan mengalami menstruasi lebih dari 7 hari dan darah haid yang keluar lebih banyak dari biasanya, sehingga harus mengganti pembalut tiap 1-2 jam sekali.
Penggunaan alat kontrasepsi hormonal
Alat kontrasepsi atau KB hormonal dapat memengaruhi frekuensi, durasi, dan seberapa banyak darah yang keluar saat menstruasi. Sebagian wanita yang menggunakan KB hormonal bisa mengalami efek samping berupa menstruasi lebih lama. Bila keluhan ini dirasa mengganggu, konsultasikan ke dokter untuk mencari alternatif alat kontrasepsi lain yang tidak menyebabkan menstruasi jadi lebih lama.
Adenomiosis
Kondisi ini terjadi saat jaringan yang melapisi dinding rahim bagian dalam (endometrium) justru tumbuh di lapisan otot rahim. Jaringan ini kemungkinan bisa menebal dan memicu perdarahan hebat saat menstruasi. Selain menstruasi lama, adenomiosis juga ditandai dengan kram perut hebat hingga nyeri panggul. Gejala adenomiosis terkadang bisa menyerupai endometriosis.
Hormon tidak seimbang
Teratur atau tidaknya menstruasi diatur oleh hormon, seperti estrogen, progesteron, FSH, dan LH. Ketika kadar hormon-hormon tersebut tidak seimbang, lapisan rahim dapat menjadi sangat tebal dan menyebabkan darah haid keluar secara perlahan.

Ketidakseimbangan hormon ini umumnya terjadi pada remaja wanita yang baru memasuki masa pubertas dan wanita lanjut usia yang mendekati masa menopause. Selain itu, masalah pada hormon ini juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti PCOS, gangguan tiroid, tumor otak, dan gangguan fungsi insulin.
Polip rahim
Polip adalah jaringan kecil dan jinak yang muncul di dinding rahim. Pertumbuhan polip dapat menyebabkan darah haid yang keluar lebih banyak dan masa menstruasi lebih panjang. Selain itu, polip rahim juga ditandai dengan perdarahan di luar siklus menstruasi dan setelah menopause.

Kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh dan umumnya terjadi pada wanita menjelang menopause atau sesudahnya. Meski demikian, polip hormon juga dapat terjadi pada wanita berusia muda.

Selain beberapa hal di atas, menstruasi lama juga bisa disebabkan oleh kondisi lain, seperti:

  • Gangguan pembekuan darah, misalnya hemofilia dan penyakit von Willebrand.
  • Obesitas.
  • Infeksi atau peradangan panggul.
  • Kanker rahim dan kanker serviks.
  • Hamil di luar kandungan (kehamilan ektopik).
  • Efek samping obat-obatan, seperti obat pengencer darah, kortikosteroid, dan kemoterapi

Terimakasih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatkan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".

Sumber referensi : alodokter.com/ketahui-penyebab-menstruasi-lama-dan-cara-mengatasinya
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url